2.819 posyandu di Surabaya serentak timbang balita

sebanyak 2.819 posyandu selama kota surabaya dengan serentak menggelar aktifitas timbang balita, kamis (2/5), pada rangka memperingati hari maka kota surabaya (hjks) 2013.

kabid pelayanan kesehatan dinas kesehatan (dinkes) surabaya, sri setiyani, selasa, menungkapkan website timbang balita serentak tersebut ingin diselenggarakan di seluruh posyandu se-surabaya mulai jam 08.00-12.00 wib.

ada kurang lebih 165 ribu balita ditimbang serentak selama 2.817 posyandu, ujarnya.

menurut sri, objek wisata utama penimbangan balita merupakan supaya membuat status gizi balita. status gizi dapat dilihat daripada berat juga tinggi badan. maka disamping ditimbang, balita dan ingin diukur tinggi badannya.

Informasi Lainnya:

dari sini nanti baru mampu dikategorikan apakah balita yang bersangkutan masuk golongan gizi buruk, gizi kurang, gizi normal, atau gizi lebih, ujarnya.

jika pada lapangan ditemui balita dengan gizi buruk, ia menegaskan pemkot surabaya mau menggarap langkah intervensi berupa pendampingan serta pemberian makanan sampingan (pmt). pmt diberikan pada tiga bulan secara tidak perlu bayar, katanya.

saat ditanya, mengapa harus tiga bulan? sri mengajarkan berdasarkan penelitian, pemberian asupan kalori tertentu dalam kurun masa itu bisa menaikkan status gizi balita.

selain pmt, lanjut dia, pemkot dengan intens serta akan melakukan pendampingan pada keluarga balita gizi buruk. pendampingan dirasa sangat bermanfaat mengingat penyebab gizi buruk tak cuma sebab kurang makan, namun dan dipicu dengan salah asuh juga perilaku dan kurang paham mau nilai-nilai gizi.

kami baru sering menjumpai banyak balita yang cuma diberi makan kuah soto ataupun kuah bakso plus nasi serta terbatas daging. padahal, tersebut kan belum pasti bersesuaian kepada balita, ujarnya.

sri mengingatkan bahwa website timbang balita serentak ini bersifat terbuka serta tak dipungut biaya. artinya, mana ada pun tergolong dan bukan penduduk surabaya, bisa menimbangkan balitanya.

kami menunggu partisipasi semua warga di website ini, katanya.