Duka Boston untuk mahasiswi China yang brilian ini

tiga mahasiswi universitas boston asal china dan saling bersahabat, mengalami nasib berbeda akibat bom maraton boston kemarin. lu lingzi tewas, zhou danling luka parah, sedangkan satunya dulu selamat.

seluruh kampus berduka untuk kematian lu, mahasiswi brilian jurusan matematika dan masih september tahun lalu berada di boston, untuk berkuliah selama universitas bergengsi tersebut.

ketiga hawa ini merupakan tergolong ratusan pihak yang terkena ledakan dua bom dalam garis finish lomba maraton boston. bom-bom ini menewaskan tiga orang serta melukai 180 orang.

kepala jurusan matematika universitas boston kathleen heavey menungkapkan seluruh sivitas akademika berduka supaya korban.

Informasi Lainnya:

hati serta pikiran kami bersama melalui keluarga serta kerabat korban, papar robert brown, rektor universitas dan mempunyai 31.000 mahasiswa dari 100 negara itu.

sebuah acara untuk menghormati kaum korban sudah dipersiapkan, pun demikian suatu pemakaman massal diadakan kamis ini.

lu serta zhu merupakan termasuk ratusan mahasiswa china di boston.

sebelum memenuhi maraton, lu memposting foto dia sedang melihat sarapan khas china pada jejaring sosial china, weibo. sarapanku yang luar biasa, tulisnya dalam bahasa inggris semisal dikutip afp.

para mahasiswa melalui tanpa putus asa mencari lu ketika dia dinyatakan hilang dari senin malam. zhu menjalani sederat operasi dalam properti sakit juga disebut di kondisi stabil.

dia dikelilingi teman-temannya, serta dia hendak langsung didatangi keluarganya, papar pendeta universitas itu, reverend robert hill.

mahasiswi ketiga masih tetap anonim dan terlalu berat untuk berbicara, papar para mahasiswa.

gao qin, mahasiswa jurusan hukum berusia 24 tahun asal shanghai, menyatakan semua pihak mengkhawatirkan lu, berbagai pihak berusaha mencarinya setelah dikabarkan hilang.

semua pihak terkejut juga sedih bila mereka mendapati gadis tersebut sudah meninggal, sambung gao semisal dikutip afp.

banyak daripada teman-teman aku adalah temannya juga, sebab ini merupakan komunitas yang sangat kecil. mereka mengenang betapa lucu juga menyenangkannya dia. dia dan pekerja keras.

lu bersekolah selama shenyang, 2012 meraih sarjana ekonomi dan perdagangan internasional pada institut teknologi beijing.

pada 2010, dia berkuliah selama universitas california pada riverside di tiga bulan demi memperbesar peluangnya bisa berkuliah pada sana.

para profesor boston menyebutnya untuk mahasiswi dan cemerlang.

mahasiswa teologi meghan nelson meletakkan sepasang sepatu, bunga serta gantungan kunci universitas itu selama depan memorial martin luther king untuk menghormati mahasiswi yang tewas ini.

joy lin, mahasiwa berusia 23 tahun dari beijing, meletakkan topi hijau serta tulisan berbunyi daripada boston dan beijing bersama cinta.

dia orang cina dan saya dan cina. topi ini khas boston. ada imigran irlandia datang ke sini. boston merupakan rumahku. saya amat mencintai boston, tutur dia.

sejumlah mahasiswa universitas boston merupakan saksi daripada pemboman itu juga pilihan diantaranya menjadi relawan pascapemboman.

derrick kwok tadinya merupakan relawan untuk pelari dan kelelahan dan membutuhkan perawatan kesehatan dalam dekat garis finish. namun selama situasi dan berubah dramatis dia beralih mempunyai tandu supaya kaum korban pemboman.

relawan lainnya, alex kwok, mengaku merasakan kedua ledakan itu. tadinya dia mengira ada tenda roboh serta generator meledak. saya tak yakin tersebut bom semisal perkiraan awal orang selama umumnya, tutur dia seperti dikutip afp.