Gempa masih kerap guncang Kawah Timbang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) kabupaten banjarnegara menyampaikan gempa baru sering mengguncang kawah timbang dalam desa sumberejo.

menurut pengamatan tim tanggap darurt pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (pvmbg) pada minggu (31/3), jam 18.00 wib, hingga senin, pukul 06.00 wib, terekan kehadiran tujuh kali gempa vulkanik selama dan 27 kali gempa vulkanik dangkal, papar petugas posko siaga darurat bencana kawah timbang bpbd banjarnegara, andri sulistyo, dalam kecamatan batur, banjarnegara, senin.

sementara di minggu (31/3), pukul 00.00-18.00 wib, terekam sebanyak 12 kali gempa vulkanik selama, 41 kali gempa vulkanik dangkal, serta dua kali gempa hembusan dan terjadi dalam kurang lebih kawah timbang.

padahal ketika kawah timbang berstatus normal, tutur dia, rata-rata pada Salah satu bulan terekam kurang dari 10 kali gempa vulkanik di juga kurang dibandingkan lima kali gempa vulkanik dangkal.

meskipun baru kerap diguncang gempa, masyarakat sekitar kawah timbang tetap tenang selama properti masing-masing. sampai saat ini belum banyak pengungsian, ujarnya.

Baja Juga: Mencari Dealer Honda - Mencari Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda

selain gempa, tutur dia, dalam pengamatan visual juga terpantau kehadiran asap putih tebal yang dihembuskan kawah timbang melalui tekanan lemah hingga ketinggian 50-80 meter ke arah barat.

pada jarak 1.000 meter dari kawah timbang ke arah barat, kata dia, bau belerang tercium cukup tajam. sementara di jarak 1.500 meter dari kawah timbang ke arah selatan, lanjutnya, bau belerang tercium lemah.

saat ini, lanjutnya, telah dilakukan penambahan papan jalur evakuasi selama sejumlah ruas jalan kecamatan batur terlebih desa sumberejo serta desa batur.

kalau `light tower` ataupun lampu sorot telah dibuat sejak sabtu (30/3) di dusun simbar, desa sumberejo, dan mengarah ke kawah timbang, sehingga pemantauan dalam malam hari lebih tidak susah diselenggarakan biarpun daripada jarak tidak berbahaya ataupun di luar radius 1.000 meter, katanya.