Kepala BNP2TKI: KBRI Qatar cekatan tangani TKI

kepala badan nasional penempatan serta perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki), moh jumhur hidayat, memuji kedutaan besar ri (kbri) pada qatar karena cekatan memenangkan masalah tki serta bekerja keras mengiklankan potensi tki di negara itu.

kbri qatar malahan sangat proaktif mengupayakan beriklan tki formal pada berbagai sektor perhatian melalui menyertakan pengguna perusahaan atau kelompok masyarakat agensi perekrut tenaga kerja asing. hal ini pasti upaya signifikan ke arah penetrasi pasar kerja di qatar supaya para tki formal berkualitas, ujar jumhur di yogyakarta, jumat.

ia menceritakan dalam kunjungan kerjanya pada qatar, minggu-rabu (31 maret - 3 april) lalu, sudah menikmati langsung aspek penanganan tki oleh kbri di qatar dan tergolong bagus juga terencana terutama di menuntaskan setiap permasalahan tki plrt.

di bawah kewenangan duta sulit ri di qatar, deddy saiful hadi, tingkat permasalahan tki plrt dan mengadu ataupun dijadikan tki kaburan ke kbri betul-betul mendapat memperhatikan serius, oleh karenanya kasus para tki tak menumpuk dalam shelter/penampungan kbri, jelas jumhur.

Baca Yang Lain: Jasa Pembuatan Toko Online Murah - Website Toko Online Murah - Jasa Pembuatan Toko Online - Pembuatan Toko Online

menurut dia sedikitnya 50 tki plrt selama setahun merupakan tki kaburan yang datang ke gedung kbri qatar, melalui beragam persoalan mulai gaji tak dibayar, korban kekerasan fisik, pelecehan seksual, konsentari tak sesuai perjanjian kerja, akibat kecelakaan dalam tempat kerja/rumah majikan, sakit, serta sebagainya.

kbri qatar, papar jumhur, tidak pernah mengabaikan kasus-kasus tki plrt yang terjadi pada negara itu. dengan demikian, jumlah tki bermasalah di kbri pun kerap teratasi dalam waktu singkat karena telah ditangani dengan prosedur bersegeralah, sigap, dan efisien.

kbri qatar sangat peduli dengan seluruh masalah tki, termasuk aktif melakukan pemulangan para tki bermasalah ke tanah air apabila mesti dengan skema penyelesaian dalam tanah air, ujarnya.

sementara itu, selama menerima kehadiran para tki formal, kbri dipandang jumhur dapat berperan aktif dan komunikatif melalui penciptaan forum-forum kekeluargaan, karenanya tidak heran kbri qatar dibaratkan properti aman kepada para tki formal yang tersebar di semua qatar.

berdasarkan data pusat penelitian, pengembangan, serta Informasi (puslitfo) bnp2tki, sekitar 32 ribu tki berada selama qatar melalui ada sulit terdiri tki plrt serta sisanya berusaha di perusahaan perminyakan, gas, keperawatan, hospitality, juga jasa keuangan.

jumhur menungkapkan qatar sejauh ini berkembang pesat dalam kemajuan teknologi, pembangunan infrastruktur, pusat usaha, juga lebih istimewa sebagai kawasan termaju pada negara-negara teluk dan banyak dalam timur tengah.

qatar berpenduk 1,8 juta jiwa melalui masyarakat seorang berkisar 350 ribu pihak, selebihnya mewakili para imigran seperti india, pakistan, asia, dan afrika. qatar serta negara melalui pendapatan perkapita tertinggi dalam dunia yakni 106.000 usd per tahun.

selain berkoordinasi dalam menangani permasalahan tki plrt melalui kbri qatar, jumhur dan meninjau para tki plrt bermasalah yang banyak di kbri, berdialog melalui kaum tki sektor formal meliputi kewajiban penggunaan kartu tenaga kerja luar negeri (ktkln) agar berbagai tki, serta menggelar sejumlah pertemuan dengan zat pemerintah, qatar chambers of commerce and industry, serta pihak agensi perekrut tenaga kerja asing guna memperluas bisnis penempatan tki berkemampuan formal selama qatar.