Toyota Karawang minim serap lulusan SMK lokal

pt toyota motor manufacturing indonesia kabupaten karawang, jawa barat, baru minim menyerap tenaga kerja daripada lulusan sekolah menengah kejuruan lokal karena keterampilan lulusan smk karawang kurang mengikuti standar perusahaan itu.

pada dasarnya kami berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya pada alumni smk yang ada pada karawang. ternyata kami mempunyai standar keterampilan yang sudah ditetapkan, papar doddy irawan, section head community relations community development pt toyota motor manufacturing indonesia (tmmin), selama karawang, selasa.

dikatakannya, biarpun sudah dibuka kesempatan yang luas terhadap alumni smk yang ada selama karawang supaya bergabung dalam pt tmmin, baru lumayan minim mereka dan berhasil masuk ke perusahaan itu. sebab dilihat daripada ketrampilannya, mereka tidak mengikuti standar yang sudah ditetapkan.

ia menyontohkan, dalam proses perekrutan karyawan pt tmmin 6 april 2013, terdapat 400 orang dan adalah alumni smk yang ada dalam karawang. mereka yang registrasi itu merupakan lulusan siswa smk terbaik dan dikirim dengan tiap-tiap sekolah.

Informasi Lainnya:

berdasarkan dengan seleksi perekrutan, papar dia, hasilnya tidak menunjukkan hal-hal yang menggembirakan. dari ratusan peserta dan daftar tersebut, cuma 20 orang dan berhasil diterima dibuat karyawan.

prosentasenya berarti sangat kecil. kondisi tersebut menunjukkan mutu pendidikan kejuruan dalam karawang masih rendah. padahal, kami berharap persentasi lulusan smk pada karawang dan diterima pada pt tmmin lebih ada, kata dia.

manager general affair division dapertemen community relation pt tmmin teguh wahyu menyatakan, proses perekrutan karyawan pada perusahaannya diadakan segera dengan konsultan independen dan memiliki standar. karena itu, bagian perusahaan tak bisa mengintervensi hasil perekrutan karyawan itu.

menurut dia, supaya lebih memperbaiki penyerapan tenaga kerja lulusan smk karawang selama pt tmmin, dilaksanakan peningkatan skill terhadap kaum siswa smk dengan program training serta magang pada 3-6 bulan pada perusahaan tersebut.

training tersebut juga diberikan pada para guru oleh karenanya mereka mampu menularkan kemampuannya kepada siswanya. dengan begitu dicari kemampuan mereka bisa sesuai standar yang ditentukan toyota.

manager head community relations community development pt tmmin yanuarto widi handoko menyampaikan, di tahun ini pt tmmin melayani karyawan baru untuk mengisi tenaga operator sebanyak 2.500 orang.

ia mengakui tenaga operator itu lebih banyak berasal dari luar karawang sebab daripada pihak ketrampilan, mereka lebih unggul.

karena itu, ia berharap untuk siswa smk pada karawang bisa menambah ketrampilannya, makanya ke depan tenaga operator pt tmmin tersebut bisa diisi para alumnni smk karawang.