PVMBG teliti lahan relokasi warga Majalengka

pusat vulkanologi dan mitagasi bencana geologi (pvmbg), badan geologi hendak melakukan penelitian terhadap lahan relokasi seluas 30 hektar kepada korban bencana alam pergerakan tanah di kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat.

kami akan melakukan penelitian dalam objek wisata relokasi sebelum akhirnya diputuskan tidak berbahaya agar ditempati pemukimanan penduduk, papar kepala pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi surono, selama bandung, surono, senin.

ia menuturkan, rencananya penelitian pada lokasi relokasi dan lokasinya kurang lebih 6-7 km dari lokasi pergerakan tanah ingin dilaksanakan selasa (7/5) besok.

rencananya besok, aku menurun segera ke situ agar meniliti, ujar dia.

Informasi Lainnya:

ia menyatakan untuk membuat sebuah web relokasi bukanlah hal tidak susah sebab itu menyangkut nasib pihak ada.

penentuan relokasi tersebut hal yang sulit bagi saya, sebab silahkan bayangkan ada penduduk yang telah menempati tempat itu sudah hampir 30 tahun dan sekarang mesti dipindahkan, katanya.

berdasarkan data kementerian energi dan mineral ri badan geologi menyatakan bencana alam gerakan tanah dalam kec. malausma, kabupaten majalen kampungp cigintung, desa cimuncang, kecamatan malausma, kabupaten majalengka, provinsi jawa barat, terjadi selama 15 april 2013.

akibat kejadian tersebut, enam hektar sawah siap panen tertimbun longsor, 11 rumah rusak berat, 99 properti rusak ringan sampai sedang, mengalami keretakan di bagian lantai serta dinding bangunan.

selain itu, jalur jalan sepanjang 50 meter amblas sedalam 3--5 meter juga 609 kk serta 1842 jiwa mengungsi ke berbagai website.