Duka Boston untuk mahasiswi China yang brilian ini

tiga mahasiswi universitas boston asal china dan saling bersahabat, mengalami nasib berbeda akibat bom maraton boston lalu. lu lingzi tewas, zhou danling luka parah, sementara satunya lagi selamat.

seluruh kampus berduka untuk kematian lu, mahasiswi brilian jurusan matematika dan masih september tahun kemarin berada di boston, agar berkuliah di universitas bergengsi tersebut.

ketiga perempuan ini adalah tergolong ratusan pihak yang terkena ledakan dua bom dalam garis finish lomba maraton boston. bom-bom ini menewaskan tiga orang serta melukai 180 pihak.

kepala jurusan matematika universitas boston kathleen heavey menyampaikan seluruh sivitas akademika berduka supaya korban.

Informasi Lainnya:

hati serta pikiran kami bersama dengan keluarga serta kerabat korban, papar robert brown, rektor universitas yang mempunyai 31.000 mahasiswa dari 100 negara itu.

sebuah acara untuk menghormati kaum korban telah dipersiapkan, pun demikian sebuah pemakaman massal digelar kamis ini.

lu juga zhu adalah tergolong ratusan mahasiswa china di boston.

sebelum memenuhi maraton, lu memposting foto dia tengah menikmati sarapan khas china pada jejaring sosial china, weibo. sarapanku yang luar biasa, tulisnya di bahasa inggris semisal dikutip afp.

para mahasiswa dengan tidak putus asa mencari lu ketika dia dinyatakan hilang sejak senin malam. zhu menjalani sederat operasi pada properti sakit dan disebut selama kondisi stabil.

dia dikelilingi teman-temannya, serta dia akan segera dikunjungi keluarganya, kata pendeta universitas tersebut, reverend robert hill.

mahasiswi ketiga masih tetap anonim serta begitu berat agar berbicara, tutur para mahasiswa.

gao qin, mahasiswa jurusan hukum berusia 24 tahun asal shanghai, menyatakan berbagai pihak mengkhawatirkan lu, berbagai pihak berusaha mencarinya setelah dikabarkan hilang.

semua pihak terkejut juga sedih manakala mereka mendapati gadis tersebut telah meninggal, sambung gao seperti dikutip afp.

banyak daripada teman-teman saya merupakan temannya juga, karena ini merupakan komunitas dan amat kecil. mereka mengenang betapa lucu serta menyenangkannya dia. dia dan pekerja keras.

lu bersekolah dalam shenyang, 2012 meraih sarjana ekonomi serta perdagangan internasional di institut teknologi beijing.

pada 2010, dia berkuliah pada universitas california pada riverside dalam tiga bulan demi memperbesar peluangnya dapat berkuliah selama sini.

para profesor boston menyebutnya dijadikan mahasiswi dan cemerlang.

mahasiswa teologi meghan nelson meletakkan sepasang sepatu, bunga juga gantungan kunci universitas tersebut pada depan memorial martin luther king agar menghormati mahasiswi yang tewas ini.

joy lin, mahasiwa berusia 23 tahun dari beijing, meletakkan topi hijau juga tulisan berbunyi daripada boston dan beijing bersama cinta.

dia pihak cina dan aku serta cina. topi ini khas boston. ada imigran irlandia datang ke sana. boston adalah rumahku. aku sangat mencintai boston, papar dia.

sejumlah mahasiswa universitas boston menjadi saksi dari pemboman tersebut dan beberapa keduanya merupakan relawan pascapemboman.

derrick kwok tadinya merupakan relawan agar pelari yang kelelahan juga memerlukan perawatan kesehatan di tidak jauh garis finish. tapi dalam situasi yang berubah dramatis dia beralih menyediakan tandu untuk kaum korban pemboman.

relawan lainnya, alex kwok, menyatakan merasakan kedua ledakan itu. tadinya dia menyangka banyak tenda roboh atau generator meledak. aku tak yakin itu bom seperti perkiraan awal pihak selama umumnya, tutur dia seperti dikutip afp.