Sejumlah desa di Mentawai terendam banjir

sejumlah desa pada kepulauan mentawai, sumatera barat terendam banjir akibat curah hujan dengan intensitas sedang-tinggi tiga hari terakhir berturut-turut terjadi pada wilayah pesisir pantai, sehingga memicu terjadinya gelombang pasang.

desa yang terendam banjir monganpaula dan dusun sarilanggai desa sirilancah dengan persentasi warga 120 kepala keluarga (kk), kata bupati kepulauan mentawai yudas sabaggalet saat dikonfirmasi daripada padang, sabtu.

laporan akan tetapi belum ada korban jiwa dan petugas badan penaggulangan bencana daerah (bpbd) mentawai sudah diperintahkan meninjau objek wisata banjir.

sebab, banyak pilihan desa pada kepulauan mentawai manakala terjadi hujan tiga hari berturut-turut telah berpotensi banjir sebab memicu memasang naik.

Informasi Lainnya:

secara terpisah kabid kedaruratan dan logistik bpbd sumbar ade edward menyatakan pihaknya belum mencari catatan daripada instansi terkait pada wilayah itu.

sejak beberapa hari terakhir intensitas tinggi dapat berpotensi menimbulkan banjir serta tanah longsor serta mampu memicu abrasi.

bahkan, sepekan ke depan diperkirakan gelombang laut berpotensi tiga sampai enam meter dalam perairan kepulauan mentawai.

namun dia mengatakan telah terjadi bencana tanah longsor pada dusun aie cama korong sungai jilatang nagari campago kecamatan kampung selama kabupaten padang pariaman pada jumat malam.

dalam peristiwa tersebut, ada korban luka ringan ikra sahit (5) juga menimbun Satu unit properti atas nama resmawati (42) reruntuhannya menimpa rega (8) resikonya luka dalam bagian kepalanya.

laporan daripada petugas daerah itu kondisi tanah labil dan berpotensi terjadi longsor susulan, bila hujan selalu menurun selama daerah tersebut.

oleh karena tersebut, papar dia, petugas bpbd kabupaten padang pariaman sudah mengerjakan evakuasi warga ke daerah alami agar terhindar dari dampak bencana.